Senin, 26 September 2011

Keuntungan Pemasangan Implant

Penemuan implant gigi merupakan jawaban dari keterbatasan tehnik pemasangan gigi tiruan, baik gigi tiruan lepasan maupun cekat. Salah satu yang paling utama adalah melindungi tulang dari resorpsi. Apa itu resorpsi? Setelah gigi dicabut, tulang di sekitar gigi (disebut juga tulang alveolar) akan menyesuaikan bentuknya dimana tulang tersebut tidak perlu lagi menyangga gigi (karena sudah dicabut). Penyesuaian bentuk tersebut berupa pengurangan tinggi dan lebar tulang yang disebut juga resorpsi. Bila masih ada gigi, tulang alveolar berfungsi menerima tekanan kunyah. Sedangkan setelah pencabutan gigi, tulang tidak berfungsi (inaktivitas). Seiring berjalannya waktu, resorpsi terjadi lebih banyak akibat dari inaktivitas bagian tersebut.
Keuntungan kedua adalah mungkinnya pembentukan gigi tiruan cekat (tidak perlu dilepas) tanpa mengorbankan struktur di sekitar implant. Dengan cara konvensional, yakni dengan pembuatan gigi tiruan jembatan, kadang gigi sehat (normal) perlu diasah untuk berfungsi sebagai gigi penyangga gigi tiruan cekat.
Keuntungan lainnya adalah sebagai berikut:
1.       Resiko pemasangan implant sangat kecil.
2.       Biokompatibilitas bahan pembuat implant sudah teruji secara klinis.
3.       Prognosa (kemungkinan keberhasilan) sangat tinggi.
4.     Secara ekonomis sangat efisien dan menguntungkan karena tingkat keberhasilan        yang tinggi dan daya tahan yang sangat lama di dalam mulut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar